Mengenal Syntax PHP Dasar


Mengenal Syntax PHP Dasar - Php merupakan bahasa pemrograman yang dijalankan pada sisi server (Server Side). Untuk lebih mengenal teori mengenai php itu sendiri, mungkin Anda bisa membaca lebih lanjut pada link berikut :Wikipedia
Disini, DiasInside menganggap bahwa Anda telah berhasil menginstall aplikasi local server untuk menjalankan script php itu sendiri. Yang akan dibahas disini hanya seputar kode yang digunakan oleh php itu sendiri.
Jika memang belum berhasil menginstall local server, Anda dapat membaca DISINI
Syntax pada bahasa pemrograman php akan selalu dimulai dengan simbol <?php dan akan selalu ditutup dengan simbol ?> seperti contoh berikut :
Dan secara umum, script php disimpan dengan ekstensi file .php
Sedangkan untuk menampilkan kata atau kalimat menggunakan syntax php, bisa menggunakan echo, seperti berikut ini :
Dan untuk melakukan komen, atau memisahkan kalimat agar tidak dibaca sebagai perintah oleh sistem, maka bisa menggunakan 2 cara berikut ini.
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan simbol /* sebagai pembuka, dan diakhiri dengan simbol*/ jika kalimat terdiri dari banyak baris.
Sedangkan jika hanya ada 1 baris yang ingin di komen bisa menggunakan simbol // sebagai pembuka seperti contoh berikut :
Jadi, untuk teman-teman yang baru mulai belajar bahasa pemrograman php dan belajar dari buku, jika menemukan komen seperti itu tidak di ketik kedalam script-pun tidak akan berpengaruh. Karena komen yang ada pada contoh biasanya digunakan sebagai keterangan agar mudah dipahami.
Sumber : koding.web.id
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
22:26 delete

terimakasih sangat bermanfaat
my blog
my campus

Reply
avatar